Connect with us

    APBDes Dana Desa disoal, Aktivis Layangkan Surat Audiensi 

    Daerah

    APBDes Dana Desa disoal, Aktivis Layangkan Surat Audiensi 

    PANDEGLANG, klikviral.com – Jaringan Aspirasi Masyarakat Peduli Banten ( JAM-P Banten) layangkan surat audiensi terkait Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang – Banten, yang sekira nya bakal di gelar di Kecamatan Sukaresmi pada hari Kamis, 21 September pukul 10.00 WIB.

     

    Mengacu pada Undang- Undang no.9 Tahun 1998 tentang menyampaikan pendapat dimuka umum,dan UU no.14 Tahun 2008 Tentang keterbukaan informasi publik, JAM-P Banten bakal melakukan dialog/audiensi terkait adanya ‘DUGAAN’ beberapa point anggaran DD dan ADD pada Tahun 2022 dan 2023 di Desa Sidamukti.

    Massa yang akan melakukan audiensi nanti, diperkirakan berjumlah kurang lebih 10 hingga 20 peserta.Terkait persoalan yang akan dibahas,ada sebanyak 10 point pertanyaan yang perlu diklarifikasi oleh pihak terkait, termasuk pembahasan penggunaan DD dan ADD Tahun 2022 di Desa Sidamukti, juga membahas perihal

    kaitan penyerahan SK dan pengunduran diri sebanyak 26 Aparatur Desa Sidamukti.

     

    Dikonfirmasi N.Sujana Akbar, selaku Presidium JAM-P BANTEN lewat telepon,dirinya membenarkan perihal surat audiensi dari pihak nya yang bakal digelar di Kecamatan Sukaresmi nanti.

     

    “Benar kang,terkait audiensi nanti pada tanggal 21,JAM-P Banten akan melayangkan beberapa pembahasan terkait adanya dugaan penyimpangan anggaran DD/ADD di Desa Sidamukti Tahun 2022/2023,” tegas Sujana via telepon. Senin (18/9/2023)

     

    Selanjutnya, ia memaparkan beberapa point pertanyaan yang bakal dikemukakan oleh nya terhadap pihak terkait, diantara nya.

     

    “Adanya dugaan anggaran Tahap II Lumbung Sosial Sembako sebesar Rp.72.365.000 yang tidak ada realisasi, Anggaran Tahap III penyertaan modal BUMDes sebesar Rp. 38.795.000, yang diduga tidak ada realisasi nya,” beber nya.

     

    Selanjutnya, ia menerangkan soal dugaan yang lain nya dalam rilisan surat Audiensi yang bakal digelar nanti.

     

    “Adanya dugaan pemotongan insentif RT, RW, Kader dan guru ngaji yang dipotong 1 bulan dari anggaran tahap II dan tahap III” terangnya.

    Sementara itu, dikonfirmasi Camat Sukaresmi lewat telepon perihal adanya surat audiensi dari JAM-P Banten, Aslah Suhartono menjawabnya.

    “Nanti kang, saya konfirmasi dulu kebawah,” jawab nya singkat pada media.

     

    Terpisah, Karsidi SH, selaku Kepala Desa Sidamukti menjawab pertanyaan wartawan lewat telepon.

    “Ia kang, sudah disampaikan. Mohon maaf kemarin saya lagi ada kegiatan,dan saat inipun sedang ada kegiatan mengawal penyaluran air bersih di Kampung sabang- sidamukti, sekaligus nanti mengawal pawai maulid nabi dengan warga,” pungkasnya.

     

    Sementara,Kepala Dinas DPMPD Kabupaten Pandeglang masih bungkam terkait penyampaian berita yang disampaikan oleh wartawan, juga minim nya statement dari nya perihal kisruh dan pengunduran diri dari aparatur Desa Sidamukti.

     

     

    (YEN/RG)

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Daerah

    To Top