Connect with us

    Satu orang Warga Meninggal Dunia Serta Puluhan Rumah Warga Terendam

    banjir

    Satu orang Warga Meninggal Dunia Serta Puluhan Rumah Warga Terendam

     

    LAMPUNG, klikviral.com –Pasca meluapnya banjir dari tiga sungai yang ada di lima kecamatan yang ada di Waykanan, masih menyisakan suka. Selain puluhan rumah warga terdampak banjir, seorang warga ditenggarai meninggal dunia karena tertimbun longsoran tanah. 

    Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, Kepala BPBD Waykanan, Lampung, Hendry Syahri belum berhasil mengevakuasi warga yang meninggal dunia tersebut. Meski demikian, banjir mulai yang sebelumnya mencapai ketinggian 200cm, kini berangsut surut.

    Menyikapi  hal tersebut, warga dibantu aparat BPBD dan jajaran Polres Waykanan pun mulai bersih-bersih. 

    Ratusan rumah yang ada di Waykanan terdampak dari Sungai Way Umpu, Way Bedi dan Wat Tahmi yaitu : Kecamatan Rbang Tangkas, Banjit, Baradatu, Negara batin, Pakuan Ratu dan Negeri Agung. Banir yang akibat luapan tiga sungai sungai yang ada di Kabupaten way kanan meluap dan merendam puluhan rumah warga dengan ketinggian 200 cm. Sehingga warga yang rumahnya terendam banjir harus mengungsi ke tempat yang lebih aman’.

    Dari pantauan wartawan  pada Jumat (10/03) pukul 11 wib. Debit air sungai Way Besay i Agung di Kampung negeri Agung sudah mulai berangsur surut, bahkan sebagian warga sudah mulai membersihkan bisa lumpur akibat banjir”.

    Bupati way kanan, Raden Adipati Surya bersama Bank rakyat Indonesia pada saat memberikan bantuan sembako makanan siap saji kepada warga di beberapa kampung yang ada di kecamatan Negeri Agung yang terkena dampak banjir. 

    Bupati Waykanan, Lampung, Raden Adipati Surya mengatakan, pihaknya 

    Sudah mencoba menanggulangi dan telah mendirikan irikan posko di di kecamatan negeri Agung, pakuan Ratu, Negara Batin. “Setiap posko sudah kita siapkan perahu karet”kata Raden Adipati di sela sela pembagian paket sembako kemarin. 

    Dia juga mengatakan, pihaknya sudah siapkan 50 orang dari Basarnas 50, dan relawan untuk mengantisipasi persoalan banjir yang terjadi di Kabupaten Way Kanan.

    Menurut Adipati untuk korban jiwa yang meninggal satu orang, satu orang belum bisa dievakuasi satu orang korban selamat korban tersebut warga kampung Sumber Sari kecamatan Banjit.

    “Sementara itu kerugian materil kita belum bisa pastikan karena kita belum hitung”. Ungkapnya.

    Hendri shary kepala BPBD kabupaten Way kanan mengatakan akibat adanya susulan tanah longsor yang terjadi di kecamatan banjit menelan korban jiwa meninggal dunia 1 orang satu orang korban selamat satu belum bisa dievakuasi karena tertimbun tanah longsor yang masih bergerak”. Pungkasnya.

    Solahuddin – RG

    Continue Reading
    You may also like...
    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in banjir

    To Top