Connect with us

    Selamat Hari Santri 2023, Jihad Santri Jayakan Negeri

    Daerah

    Selamat Hari Santri 2023, Jihad Santri Jayakan Negeri

    SERANG, klikviral.com – Selamat Hari Santri 2023. Hari Santri ini menjadi pengingat bahwa semangat belajar dan beribadah adalah fondasi kehidupan yang utama dan kokoh. Jadilah generasi muda yang menjaga semangat belajar ini tetap menyala. Minggu(22/10/23)

     

    Hari Santri Nasional diperingati pada 22 Oktober setiap tahunnya. Santri adalah sebutan bagi seseorang yang mendalami pendidikan agama Islam di lembaga pesantren.

     

    Terbentuknya Hari Santri dilatari peristiwa sejarah resolusi jihad yang dicetuskan oleh KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

     

    Seruan resolusi jihad tersebut mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari serangan penjajah kala itu.

     

    Untuk mengenang dan meneladani peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan NKRI, maka diusulkanlah Hari Santri pada 22 Oktober, merujuk pada ditetapkannya seruan resolusi jihad tersebut.

     

    Kemudian, Presiden Joko Widodo memutuskan dan menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 Oktober 22

    IKLAN DPD RI DARI FORUM KOMUNIKASI ANTAR RELAWAN 2024 ( FOKAR24)

    Rahmat Gunawan selaku Pimpinan Redaksi media klikviral.com mengatakan bahwa,” peringatan hari santri nasional seyogyanya bukan hanya sekedar moment serimoneal dengan kata-kata saja. Akan tetapi bagaimana seorang santri mengingatkan perjuangan para ulama, dengan meneguhkan keislaman, keimanan dan ihsan yang kuat pada diri seorang santri yang mampu menjadi uswah hasanah bagi orang-orang di sekitarnya,” katanya.

     

     

    (YEN/RG)

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Daerah

    To Top