Connect with us

    SMKN 1 Rangkas Bitung Fokus Program Pengembangan Kurikulum Merdeka

    Daerah

    SMKN 1 Rangkas Bitung Fokus Program Pengembangan Kurikulum Merdeka

    LEBAK, klikviral.com – Sebagai komunikator artinya sebuah pemimpin yang bijaksana dan gigih dalam mencerdaskan anak bangsa, Pastinya SMK Negeri 1 Rangkas Bitung yang di pimpin oleh Drs. H. Mukmin.

     

    Di wawancara oleh awak Media, Kepsek SMK Negeri 1 Rangkas Bitung mengatakan, “Dalam mengembangkan program Kurikulum Merdeka mengamanatkan bahwa pendidikan seharusnya dilakukan secara menyeluruh (holistik) yaitu pendidikan yang harus mengembangkan seluruh potensi murid secara seimbang yang meliputi potensi intelektual, emosional, titik sosial, estetika dan spiritual,”Ucap H. Mukmin (25/9/23).

     

    Kurikulum Merdeka bisa mengharapkan siswa menjadi pribadi manusia yang utuh yaitu berkembang dalam segi kehidupan. Sejalan dengan pendapat kihajar Dewantara tentang tujuan pendidikan yaitu: untuk menuntut segala kodrat yang ada pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan. Dalam kurikulum merdeka kegiatan ekstra kulikuler merdeka dapat membuat pendidikan lebih utuh, lebih lengkap, dikarenakan bisa menambah sisi yang kurang tersentuh di pendidikan kulikuler di dalam kelas.

     

    Beberapa keuntungan murid mengikuti ekskul di antaranya: yaitu untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan murid menambah pengalaman karna dirasakan langsung menggerakkan murid dalam menghadapi tantangan pendekatan yang lebih riil di masyarakat, pembelajaran lebih bervariasi sehingga tidak membosankan, menambah kenalan dengan murid dari sekolah lain, dan murid lebih senang karena banyak belajar keluar.

    Sedangkan dalam amanat kurikulum merdeka, pada kegiatan ekskul direncanakan dengan matang diantaranya :

    A. Rencana sesuai dengan tujuan yang terarah dalam mengembangkan kompetensi semua murid.

    B. Pembinaan dan pelatihan di persiapkan dengan baik.

    C. Di sesuaikan dengan lokasi dan kondisi sekolah supaya bisa jalan.

    Untuk mewujudkan amanat kurikulum merdeka SMKN 1 Rangkas Bitung memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler tersebut dengan membuka ekstrakulikuler sesuai dengan peminatan dan potensi yang dimiliki murid.

     

    Diantaranya: Ekstakulikuler wajib di sebut “ekstra 6 P wajib” yakni Pramuka, Paskibra, PMR, PKS, Sispala dan Paduan suara.

    Ekstrakulikuler Pihanan disebut “ekstra sunnah” yaitu Pilihan : ESC (English student Comunity), Kompak, Ikrama, basket, bulu tangkis, volley, Teater, Karate, Pencak Silat, Musik Moderen, musik tradisional, PIK-R (Pusat informasi dan konseling remaja) Marawis, eksport, KIR (karya ilmiah remaja) dan Rots.

     

    Berkat bekerja sama dalam penerapan kurikulum merdeka, WA.KABID kesiswaan SMK NEGERI 1 RANGKAS BITUNG. Drs.Otong Hidayat, Mpd, selalu senantiasa menerapkan program kurikulum merdeka.

     

    Lebih ke lanjut Kepala Sekolah H.Mukmin menjelaskan, “Bahwa kurikulum merdeka SMKN 1 Rangkas Bitung akan selalu memberikan yang terbaik untuk para siswa ke depannya,” Tegasnya.

     

     

    (Hermawan/ RG)

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Daerah

    To Top