Connect with us

    TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN, RUTAN SERANG LAKUKAN SKRINING TUBERKULOSIS (TBC) 

    Daerah

    TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN, RUTAN SERANG LAKUKAN SKRINING TUBERKULOSIS (TBC) 

    SERANG, klikviral.com – Penyakit tuberkulosis atau yang lebih dikenal dengan TBC (TB) masih menjadi masalah terbesar dalam kesehatan di dunia. Hal ini dikarenakan penularan kuman TB yang sangat tinggi.

     

    Pada hari senin 06 November 2023, Rumah Tahanan Negara (RUTAN) Kelas IIB Serang melaksanakan kegiatan Skrining ACF TBC dengan intervensi Chest X-Ray bagi Warga Binaan Rutan Kelas IIB Serang yang bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu Klinik Tirta Medical Center dan didampingi oleh Dinas Kesehatan Kota Serang dan RSUD Kota Serang.

     

    Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi / rentan terhadap penularan / penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas / Rutan.

    Kegiatan yang di lakukan di halaman depan rutan serang dengan menggunakan bus yang di khususkan untuk melakukan Skrining ACF TBC dengan intervensi Chest X-Ray.

     

    Kepala Rutan, melalui Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Maulana Kahfi mengatakan jika Rutan Kelas IIB Serang melaksanakan kegiatan skiring TBC dengan tetap menerapkan Standar Operasional Prosedur Pengamanan yang berlaku agar kegiatan berjalan dengan aman,tertib dan terkendali.

     

    Kahfi berharap, dengan diadakannya kegiatan skrining ini, seluruh WBP di Rutan Serang dapat bebas dari TBC ataupun bisa mengambil Tindakan cepat dan tepat jika ada warga binaan yang terkonfirmasi positive TBC.

    “Saya rasa di Rutan atau Lapas sangat mudah tersebarnya virus tuberkulosis karena ruang gerak mereka terbatas. Jadi untuk mencegah menyebarnya virus TB ini pihak kami akan sering mengadakan skrining atau kegiatan kesehatan lainnya yang bekerjasama dengan Puskesmas ataupun Dinkes Kota Serang”, Kata Kahfi.

     

    Kahfi menambahkan jika kita melaksanakan Skrining ACF TBC dengan intervensi Chest X-Ray kepada 115 WBP, kami akan terus mengutamakan kesehatan para WBP Rutan Serang yang jumlahnya 564 warga binaan yang terdiri dari rentan usia 20-60 tahun.

    Iklan Disematkan oleh Forum Komunikasi Relawan 2024 (FOKAR 24)

    “ Semoga dengan adanya pemeriksaan seperti ini seluruh WBP disini terbebas dari penyakit menular, jika ada yang terjangkit, sudah kami siapkan ruangan khusus. Hal tersebut kami lakukan untuk menghindarkan WBP lainnya tertular virus yang sama”, ujar Kasubsi Yantah yang biasa disapa Kahfi tersebut.

     

    Sementara itu Petugas Dinas Kesehatan Kota Serang yang terjun langsung dalam pelaksanaan Skrining ACF TBC dengan intervensi Chest X-Ray mengatakan jika penyakit TB merupakan penyakit yang sangat berbahaya jika tidak segera diobati.Maka perlu dilakukan pengecekan sedini mungkin seperti yang dilakukan di Rutan Kelas IIB Serang.

     

    “Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Rutan Serang yang susah berkenan untuk mengadakan Skrining TBC untuk para Tahanan/Narapidananya. Dengan begitu kesehatan para Tahanan/Narapidana dapat terpantau dan jika ada yang terkena virus TB bisa segera kami tindak lanjuti agar tidak menular ke Tahanan/Narapidana lainnya”, jelas petugas Dinkes Kota Serang yang tidak ingin disebutkan Namanya tersebut.

     

    (Kontributor Rutan Serang / Ridho).

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Daerah

    To Top