Connect with us

    Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) kembali digelar di Madrasah Ibtidaiyah MI Cangkudu

    Daerah

    Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) kembali digelar di Madrasah Ibtidaiyah MI Cangkudu

    PANDEGLANG, klikviral.com – Madrasah Ibtidaiyah MI Cangkudu bekerja sama dengan Blud Upt Puskesmas Kecamatan Panimbang melakukan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). BIAS adalah salah satu bentuk kegiatan operasional dari imunisasi lanjutan pada anak sekolah yang dilaksanakan pada bulan tertentu setiap tahunnya dengan sasaran seluruh anak-anak usia sekolah dasar secara serentak di Kecamatan Panimbang.

     

    Bahwa Madrasah Ibtidaiyah MI Cangkudu Desa Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Banten Selasa (5/12/23) mendapat jadwal Kegiatan Program BIAS pada Tanggal 5 Desember tahun 2023 dengan sasaran siswa Kelas 1 (12 siswa) dengan Vaksin MR (Measles Rubella), Siswa Kelas 2 (32 siswa) dan 5 (11 siswa) dengan Vaksin Td.

     

    Program imunisasi BIAS ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD/MI dan sederajat terhadap penyakit campak, difteri, tetanus, dan yang terbaru HPV. Para guru dan orangtua perlu memberikan dukungan terhadap program ini. Sosialisasi dan edukasi juga telah diberikan oleh madrasah, namun orang tua juga memiliki wewenang untuk memilih mengikuti kegiatan ini atau tidak.

     

    Jenis vaksin yang diberikan kepada siswa Kelas 1 yang merupakan siswa baru merupakan jenis vaksin MR. Vaksin MR diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh Virus Campak (measles) dan rubella (campak jerman). Seperti diketahui, campak dan rubella merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus.

     

    Penularan kedua penyakit ini dapat terjadi melalui percikan air liur atau lendir saat penderita yang terinfeksi batuk atau bersin. Penularan juga dapat terjadi melalui kontak langsung dengan benda yang telah terkontaminasi virus.

     

    Vaksin yang diberikan untuk jenjang Kelas 2 dan 5 adalah imunisasi Td (Tetanus diptheria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi Dt agar anak semakin kebal dengan penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang banyak terdapat di tanah, lumpur, kotoran hewan dan manusia. Bakteri tersebut dapat dengan mudahnya masuk dalam tubuh anak melalui luka atau area terbuka pada kulit.

    Kegiatan dimulai jam 08.00 WIB ini berjalan dengan lancar dan tetap menjalankan protokol kesehatan, Tim Blud Upt Puskesmas Kecamatan Panimbang terdiri dari 2 petugas dengan Bidan Maisyaroh S.ST selaku Ketua Tim. Maisyaroh S.ST mengatakan bahwa

     

    ” Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi diri dari aneka penyakit, maka imunisasi ulangan perlu diberikan kembali sampai usia anak sekolah,” katanya

     

    Ditempat yang sama Kepala Sekolah MI Cangkudu melalui dewan guru yang memantau kegiatan ini menyampaikan bahwa, kegiatan ini sangat bermanfaat dan anak harus mendapatkan suntikan imunisasi untuk memberi kekuatan dan kekebalan pada tubuh anak. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Blud Upt Puskesmas Kecamatan Panimbang yang telah memberikan pelayanan terbaik selama kegiatan dan merupakan mitra madrasah serta konsultan pendidikan dan kesehatan.

     

     

    (YEN/RG)

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Daerah

    To Top