Connect with us

    KKN Tematik Diharapkan Percepat Pembangunan Desa

    Daerah

    KKN Tematik Diharapkan Percepat Pembangunan Desa

    PANDEGLANG, klikviral.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN-T) Tematik tahun akademik 2022/2023 dengan tema Bersinergi mengembangkan Desa melalui pendidikan dan Kewirausahaan,

     

    diharapkan menjadi media pengabdian mahasiswa. Kegiatan itu sebagai upaya mempercepat pembangunan desa.

     

    Di aula Kantor Desa Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Banten peserta KKN dari Mahasiswa STKIP Syekh Manshur Pandeglang.

    Kepala Desa Citeureup Oman Suherman SH dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa.

    “Kerja sama kampus dan desa, akan semakin mempercepat laju kemandirian desa. Harus ada kolaborasi, mahasiswa peserta KKN dengan pendamping desa dalam pemberdayaan masyarakat di lokasi KKN,” kata Kepala Desa Citeureup Oman Suherman SH. Selasa(1/8/2023)

    Ia menambahkan, peserta KKN Tematik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia juga harus menjadikan SDGs Desa. Hal itu sebagai acuan untuk menyusun program kerja dan meningkatkan kolaborasi dengan pemangku kepentingan desa.

     

    Menurutnya, kolaborasi menjadi kata kunci bagi keberhasilan program kerja KKN Tematik. Dengan melakukan kolaborasi, baik bersama kepala desa, perangkat desa, pendamping desa, dan warga desa para mahasiswa bisa mempercepat berbagai program pemberdayaan. Sekaligus tumbuh sebagai pribadi yang kuat.

     

    “Mahasiswa harus bisa saling berkolaborasi dengan semua Stake Holder dan melebur dengan budaya masyarakat. Jika itu dilakukan maka percepatan pembangunan desa bisa lebih mudah dilakukan,” paparnya

     

    Pihaknya menekankan, apapun program pemberdayaan yang hendak dilakukan peserta KKN Tematik, tidak boleh keluar dari akar budaya desa setempat,” Hal ini menjadi poin paling penting karena merupakan kunci bagaimana program bisa berjalan di lapangan,” imbuhnya.

     

     

    (YEN/RG)

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Daerah

    To Top