Connect with us

    Program Pokmas Kelurahan Pasuluhan. Masyarakat Rasakan Manfaat Peningkatan Jalan Lingkungan 

    Pandeglang

    Program Pokmas Kelurahan Pasuluhan. Masyarakat Rasakan Manfaat Peningkatan Jalan Lingkungan 

    SERANG , klikviral.com – Program pengerjaan peningkatan jalan lingkungan berupa paving block di Kampung Bojong Honje lingkungan Bojong Honje RT 007 RW 003 Kelurahan Pasuluhan Walantaka kota Serang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

     

    Menurut kepala kelurahan Pasuluhan, Junaedi. S.Pd, program pengerjaan peningkatan jalan ini di kerjakan berdasarkan Permendagri No. 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan; Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI No. 8 Tahun 2018 tentang Pedoman Swakelola.

    Sedangkan pelaksanaan pengerjaan program ini adalah melalui Kelompok Masyarakat (Pokmas) Rukun Sejahtera.

     

    Lebih jauh dikatakannya, Pokmas adalah kelompok masyarakat yang dibentuk di tingkat kelurahan melalui mekanisme musyawarah kelurahan, untuk ditunjuk sebagai pelaksana pengadaan barang/jasa kegiatan program pemberdayaan masyarakat plus.

     

    Anggaran yang di kelola dari pemerintah di kelola atau di jalankan oleh masyarakat untuk masyarakat.

    Sedangkan kegiatan Pokmas sumber anggaranya sering kali tidak hanya dari pemerintah, tetapi berasal dari partisipasi masyarakat untuk membantu kegiatan pelaksanaan kegiatan untuk penambahan volume.

     

    Partisipasi masyarakat juga secara gotong royong seperti konsumsi pekerjaan dan penambahan tenaga sukarela dari masyarakat yang ingin program Pokmas bisa cepat terlaksana dan di rasakan oleh masyarakat.

     

    Karna sesuai progres sekarang sudah bisa di lalui oleh masyarakat

     

    Dilain tempat, salah seorang tokoh pemuda yang enggan namanya disebut mengatakan, dalam rangka mensukseskan pembangunan desa atau kelurahan kegiatan seperti ini hendaknya didukung oleh semua pihak, terlebih kegiatan ini dikerjakan oleh kelompok masyarakat atas dasar partisipasi dan swadaya dari masyarakat.

     

    (Suprani)

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Pandeglang

    To Top