Connect with us

    Selesaikan Masalah Ketenagakerjaan,Tripartit Kabgor Lahirkan Program Kursial 

    Daerah

    Selesaikan Masalah Ketenagakerjaan,Tripartit Kabgor Lahirkan Program Kursial 

    Gorontalo,Klikviral.com- Sebagai upaya untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis dinamis dan berkeadilan belum lama ini senin 9 Oktober melalui Dinas Transmigrasi khususnya pada bidang hubungan industrial, Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah menggelar rapat kerja Lembaga Kerjasama,(LKS),Tripartit Kabupaten Gorontalo Tahun 2023, Rabu (11/10).

     

    Dalam pelaksanaan pelaksanaan rapat kerja yang dibuka secara resmi Bupati Gorontalo, Prof.Nelson Pomalingo, bertempat di pusat Kuliner Food Court Limboto, pelaksanaan tersebut dibarengi dengan menikmati kopi Dulamayo yang diracik khusus oleh barista Kopi Dulamayo binaan BLK Limboto

     

    Untuk diketahui kegiatan itu dihadiri unsur Asosiasi Pengusaha Indonesia,(APINDO), Serikat kerja serta sejumlah manager HRD perusahaan di daerah ini.

     

    Dalam sambutanya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyampaikan apresiasi atas dilaksanakan rapat kerja LKS itu, dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo bersikap akan terus mendukung berbagai upaya yang dapat melahrikan berbagai program pendukung, percepatan pembangunan di Kabupaten Gorontalo.

     

    Karena itu,melalaui rapat kerja, Nelson berharap dapat melahirkan berbagai program inovatif membantu Pemerintah mewujudkan visi dan misi dalam mewujudkan serta melahirkan kemajuan daerah kearah yang lebih maju dan moderen di Kabupaten Gorontalo itu sendiri.

     

    Selaku ketua LKS Tripartit Kabupaten Gorontalo, Bupati yang sudah periode kedua memimpin daerah ini, juga mengapreasiasi dan mendukung program dari LKS Tripartit Kabupaten Gorontalo dan dirinya berharap, forum ini menjadi wadah komunikasi konsultasi dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan dan representasi seluruh pekerja buruh, pengusaha dan pemerintah di masing-masing tingkatan LKS tripartit

    “Harapannya semoga LKS Tripartit kabupaten Gorontalo terus berinovasi dan berkomunikasi dengan masing-masing peran sebagai pengusaha,serikat pekerja,dan pemerintah daerah karena LKS Tripartit ini memiliki peranan krusial dalam membantu pemerintah daerah,”harap Nelson.

     

    Sementara itu,Dalam laporannya, Kepala Bidang hubungan industrial dan jamsostek, Karmila Patasalang, SE, mengatakan Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit, adalah sebagai forum komunikasi, konsultasi, dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan yang anggotanya terdiri dari serikat pekerja atau buruh, pengusaha, dan pemerintah diharapkan mampu melakukan kerja sama yang baik.

     

    Dalam menjalankan tugas, tentu kata Karmila,program kerja LKS Tripartit telah jalan dengan baik, serta hal ini karena kepengurusannya masa baktinya sejak tahun 2021 dan berakhir 2024. Program kerja yang terus dilakukan antara lain, Melaksanakan sosialisasi tentang peraturan perundang undangan ketenagakerjaan, Pemantauan pelaksanaan upah minimum provinsi (UMP), Pemantauan pelaksanaan tunjangan hari raya (THR) dan Pemantauan pelaksanaan hubungan industrial.

     

    “Kami juga terus mendorong memantau keikutsertaan program jaminan sosial tenaga kerja/jamsostek dan Melakukan monitoring hubungan industrial di tingkat pekerja, buruh dan perusahaan, tentang pengupahan, PKB, PP, THR, K3, PHK,“ terangnya.

     

    GilaS 86

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Daerah

    To Top