Connect with us

    Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) )Menggelar Rapat Koordinasi Publikasi Dan Dokumentasi. 

    Daerah

    Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) )Menggelar Rapat Koordinasi Publikasi Dan Dokumentasi. 

    Tanggamus-klikviral.com.Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanggamus mengelar Rapat Koordinasi Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, serta angota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Tanggamus. Di Gisting Hotel, Sabtu 2/12/2023.

     

    Kegiatan dengan tema Transparansi dan Keterbukaan Mendukung Proses Demokrasi yang Berkualitas, diikuti perwakilan organisasi media se-tanggamus, perwakilan partai peserta pemilu, pengawas kecamatan, juga devisi hukum dan pencegahan pemilu.

     

    Ketua Bawaslu Tanggamus, Najih Mustofa dalam paparannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menjalin sinergitas pelaksanaan pemilu, dari unsur partai, unsur media dan pengawas kecamatan juga devisi hukum dan pencegahan.

     

    Media merupakan faktor penting, kolega yang membantu memberika informasi serta suport dalam setiap kegiatan tahapan pemilu, terlebih saat ini sudah dimulainya masa kampanye legislatif dan pimilihan presiden, ujranya.

     

    “Personel bawaslu sangat terbatas, bawaslu hanya memiliki 3 orang angota disetiap kecamatan, dan 1 orang personil disetiap pekonnya. Rencana awal tahun depan bawaslu akan melakukan perekrutan pengawas disetiap tempat pemungutan suara,.1 orang untuk pengawasan 1 tps,’ Jelas Najih.

     

    Terkait izin kampanye, imbuhnya. Partai politik peserta pemilu wajib menyerahkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan Kampanye (STTPK) kepada badan pengawas pemilu, sebagai dasar pengawasan dilapangan.

    Dirinya juga mengapresiasi kerja media massa selaku mitra bawaslu dalam menyampaikan informasi, karenanya ia berharap masukan dan saran demi terciptanya pemilu yang aman damai dan kondusif, demikian tutupnya.

     

    Bersamaan, Zairi, ketua Dewan Pimpinan Cabang Ruang Jurnalis Nusantara (DPC RJN) Tanggamus, mengucapkan terima kasih atas dilibatkannya dalam rapat koordinasi tersebut, mengingat peran media massa sebagai wadah pers juga alat komunikasi, mempunyai peran penting dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.

     

    Pada perhelatan pemilu tahun 2024 publikasi dan dokumentasi merupakan salah satu aspek penting yang mampu mendorong partisipasi pemilih, serta dapat mempresentasikan, mendongkrak elektabilitas dan elektoral para calon.

     

    “Saya berharap senergitas pers dan bawaslu ini, selain bisa menjadi media edukasi bagi masyarakat pemilih, juga bisa meminimalisir terjadinya segala bentuk kecurangan pada pelaksanaan pemilu,” Jelas Zairi.

     

     

     

    SL/RG

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Daerah

    To Top