Connect with us

    Bawaslu dan Pol PP Tanggamus tertibkan APS Jelang Pemilu 2024

    Daerah

    Bawaslu dan Pol PP Tanggamus tertibkan APS Jelang Pemilu 2024

    Tanggamus-klikviral.com.Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tanggamus bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanggamus menertibkan baliho partai politik (APS) jelang Pemilu Tahun 2024 pekan ini, Senin (16/10).

     

    Penindakan dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tanggamus Nomor 8 Tahun 2006 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

     

    Satpol PP Kabupaten Tanggamus Sigit Triyono (Kabid Penegakan Perundang-undangan Daerah) mengatakan, penertiban Alat Peraga Sosialisasi (APS) dilakukan untuk menjaga ketertiban, kebersihan, dan keindahan serta kenyamanan masyarakat umum. Penindakan dilakukan selama masa sosialisasi dan pendidikan politik jelang Pemilu 2024.

     

    “Baliho yang ditempatkan secara sembarangan dan melanggar aturan termasuk di pohon, tiang listrik, dan juga fasilitas umum akan ditertibkan”, ucapnya.

    Ketua Bawaslu Kabupaten Tanggamus Najih Mustofa mengatakan APS yang diperbolehkan selama tahapan sosialisasi dan pendidikan hanya boleh sesuai aturan tanpa ada ajakan untuk memilih dan tetap berprinsip tidak menggangu ketertiban umum.

     

    Najih melanjutkan, APS yang ditertibkan akan disimpan di kantor Satpol PP Kabupaten Tanggamus dan dapat diambil oleh partai politik.

     

    “Baliho yang diturunkan memang selain belum memasuki waktu yang ditentukan, juga secara konten melanggar karena memuat unsur kampanye seperti citra diri dan atau ajakan mencoblos dengan lambang nomor. Harapannya masyarakat dapat mendukung tindakan penertiban APS tersebut”, tambahnya.

     

     

    SOLA.(RG)

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Daerah

    To Top