Connect with us

    Bulan Ramadhan, Mahasiswa PPG Prajabatan Unpam Tanamkan Budaya Literasi Pada Anak – Anak

    Daerah

    Bulan Ramadhan, Mahasiswa PPG Prajabatan Unpam Tanamkan Budaya Literasi Pada Anak – Anak

    Tangerang, klikviral.com – Kelompok Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Universitas Pamulang (PPG Unpam) yang beranggotakan 9 orang tanamkan budaya literasi di Taman Baca Masyarakat Situ Rompong Ciputat Timur Tangerang Selatan. Pada Minggu, (17/03/24)

     

    Muhamad Fiqri Berlian Mahasiswa PPG prajabatan Unpam, menyampaikan, bahwa, giat tanamkan Budaya Literasi yang bertajuk TBM “KITA” Kelas inspiratif untuk tumbuh dan aktif bersama anak-anak, Taman baca Masyarakat yang terletak di tepi situ rompong Jl Kesatrian no.68-125, Rompong, Kecamatan. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, ini menjadi tempat bagi anak-anak menghabiskan waktu dengan bermain sambil belajar dengan disuguhi pemandangan danau yang menjadi poin kenyamanan dalam belajar.

     

    Dengan berbekal spirit buat pikiran Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, mahasiswa PPG Prajabatan Unpam melakukan praktik baik dengan mengimplementasikan pemahaman terhadap pembelajaran yang memerdekakan bagi anak.

     

    “Pemahaman literasi menjadi kunci dari kualitas Pendidikan yang menjadi tonggak dalam mencetak warga negara yang baik (to be good citizen) sejak dini,” jelasnya.

     

    Kembali Muhamad Fiqri Berlian Menjelaskan, Terdapat 6 kecakapan literasi yang menjadi alasan mahasiswa PPG Prajabatan melakukan kegiatan penanaman literasi ini dan 4 diantaranya yang menjadi fokus untuk diselenggarakan yakni literasi baca tulis, numerasi, sains, dan budaya kewargaan untuk menjadi bekal bagi anak-anak sebagai warga negara yang baik (to be good citizen).

    senada disampaikan, Hamdan Mahasiswa PPG Prajabatan Unpam, bahwa, Acara yang diselenggarakan pada saat bulan Ramadhan tersebut diikuti oleh anak – anak dengan rentang usia 2 – 12 tahun tersebut bertujuan untuk menanamkan budaya membaca, menulis dan bermain dengan menyenangkan.

     

    “Kegiatan ini dilakukan 2 kali selama bulan Ramadhan dan 2 kali pasca bulan ramadhan dengan beberapa tema berbeda yang dibawakan setiap pertemuannya”. tegas Hamdan Mahasiswa PPG Prajabatan Unpam. menjelaskan kepada awak media.

     

    Muhamad Fiqri Berlian Mahasiswa PPG prajabatan Unpam menambahkan, Kegiatan dengan tema baca tulis bertujuan untuk mengenalkan dan membudayakan membaca menulis dengan metode bermain agar menciptakan pembelajaran yang berkesan bagi anak.

     

    Kegiatan menanamkan literasi pada anak-anak tersebut dimulai dari jam 16.00 sampai 17.30 selama bulan Ramadhan sambil mengisi waktu sebelum berbuka puasa.

     

    Kegiatan diawali dengan pengenalan literasi yang akan dilakukan dengan mempersiapkan media baca tulis bagi anak-anak . dan selanjutnya anak-anak di ajak untuk bermain sambil bernyanyi dengan diselingi beberapa aktivitas ice breaking untuk memusatkan konsentrasi anak-anak selama proses berjalannya kegiatan.

     

    Lebih lanjut Hamdan menegaskan, kegiatan ini akan terus berjalan sampai bulan April dengan tema berbeda di setiap pertemuannya. Selain menggali potensi baca, tulis mahasiswa PPG berencana akan menggali literasi potensi lain seperti dalam kelas monolog (bercerita), kelas lingkungan, dan kelas hand craft sebagai bentuk penguatan literasi motorik bagi anak-anak yang berpartisipasi.

     

    (D Banten/RG)

    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Daerah

    To Top